Belajar Gratis, Lulus Jadi Pebisnis

Senin, 18 Juni 2012, saya mewisuda Santri Wirausaha Angkatan ke-9 Pesantren Wirausaha Abdurrahman bin Auf Delanggu, Klaten. Pesantren yang saya dirikan pada tahun 2000 ini setiap tahun menerima 50 santri. Setelah melalui proses pendidikan selama 3 pekan, kami seleksi lagi jadi 35 santri.  Mereka yang lolos seleksi inilah yang akan dididik sebagai satri wirausaha selama satu tahun secara cuma-cuma alias gratis. Kami berharap program ini mampu melahirkan para pebisnis yang profetik (profesional beretik) atau dengan kata lain membawa nilai-nilai prophet (nabi).

Saat mengembangkan program ini saya pernah hampir putus asa dan kecewa. Lulusannya yang saya harapkan menjadi pebisnis justru banyak yang menjadi karyawan, PNS dan melanjutkan kuliah S-1. Penerimaan santri wirausaha pernah saya tutup selama satu tahun.

Namun banyak sahabat mengingatkan, “Pendidikan itu sebuah proses, hasilnya tidak bisa dilihat sekarang tetapi jangka panjang.” Nasihat tersebut terbukti benar.

Ketika acara wisuda kemarin saya semakin yakin dengan kebenaran nasihat tersebut. Pada kesempatan bertemu dan diskusi dengan para alumni ternyata bisnis mereka banyak yang maju dan  berkembang, bahkan beberapa diantaranya memiliki aset mencapai ratusan juta rupiah per bulan dengan karyawan puluhan orang.

Bagi pebisnis yang sudah mapan aset seratus juta rupiah per bulan mungkin amatlah kecil. Tetapi bagi para para santri wirausaha yang berasal dari keluarga tak berpunya, jangankan ratusan juta rupiah, uang satu juta rupiahpun belum pernah mereka pegang. Prestasi mereka bagi saya itu merupakan sebuah lompatan besar yang patut disyukuri.

Nah, saat ini Pesantren Wirausaha kembali membuka kelas baru. Bagi Anda yang memiliki tetangga tidak mampu, laki-laki, lulusan SMA/SMK, berusia antara 18-24 tahun dan belum menikah silakan didaftarkan. Semoga hal itu menjadi salah satu pintu untuk memutus rantai kemiskinan di keluarga tersebut. Bila ingin mendapatkan informasi lebih jelas lagi mengenai Pesantren Wirausaha Abdurrahman bin Auf Delanggu, Klaten, silakan Anda telpon pak Indarto di 0813-293-4549 dan 0856-290-6870.

Bagi Anda yang sudah menjadi pebisnis atau diberi kelebihan harta, bila ingin membantu mempercepat dan memperbanyak jumlah pemuda yang putus dari rantai kemiskinan silakan pergi ke ATM dan transfer ke BCA Kartosuro No Rekening 393-019-1905 atas nama Indarto P dan Agung Y.

Ayo kita putus rantai kemiskinan dengan menjadikan generasi muda pebisnis yang menyediakan lapangan kerja. Satu pemuda yang diberdayakan tetapi dampaknya menolong banyak orang. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Keterangan foto:
Saya bersama “wisudawan”, Santri Wirausaha Angkatan ke-9 Pesantren Wirausaha Abdurrahman bin Auf Delanggu, Klaten.

Bagikan

21 thoughts on “Belajar Gratis, Lulus Jadi Pebisnis

  1. Anggit Setyaningsih

    Subhanallah..
    selamat bagi para wisudawan, semoga menjadi pebisnis yang sukses mulia :)
    Kemarin ga jadi dtg ni, pdhl diundang pak indarto jg..

    (di foto itu ada yg ganteng om :D)

    Reply
  2. Emir

    Hey,

    Mulia sekali yang anda lakukan pak Jamil, saya senang mambacanya.

    Saya mau ngasi masukan, di atas anda bilang bahwa sempat menutup santri pengusaha selama 1 tahun karena kebanyakan yang telah lulus malah jadi karyawan dan bukan pengusaha, oleh karena itu coba di tanamkan di dalam mind set mereka bahwa bisnis itu enak. Bisnis itu seperti naik gunung, awal untuk melangkah sangat berat, setelah melangkah mengalami berbagai macam rintangan, kadang2 pengen balik lagi kebawah karena melihat puncak gunung yang masih jauh, namun setelah sampai di puncak maka sangat indah sekali pemandangannya. Setealh itu? maka akan ketagihan untuk menaiki gunung yang lain (bisnis lain).

    Saya sering ngoborl2 dengan banyak orang mengenai bisnis, namun mayoritas mereka hanya ngobrol saja tanpa realisasi. Setelah saya perhatikan, ternyata mereka belum memiliki mind set yang tepat dalam berusaha, mereka sering di doktrin bahwa jadi pengusaha itu sulit.

    Ya itu masukan saja, saya membuat blog di http://emirzakiar.blogspot.com/2012/04/entrepreneur-mindset.html
    berisi mengenai motivasi, bisnis, komunikasi, dan kebahagiaan. Mohon di lihat-lihat.

    Have a Happy Day
    -EZ

    Reply
  3. Kusnadi ikhwani

    salut,respek…insyaAllah saya turut membantu pak jamil….Ayam Geprek Sambel Korek

    Reply
  4. labib aiman

    terima kasih banyak Pak Jamil,
    kami bruntung bs jd siswa THE CENTER OF EXCELLENT ENTERPRENEU ABDURRAHMAN BIN AUF DELANGGU,

    salam sukses mulia
    siswa angkatan IX

    Reply
    • Budi

      salam sukses mulia. Kang labib, jangan kecewakan kek jamil dg tidak berwirausaha. Ayo bisnis !
      santri angkatan IX dari Banyumas. sedia herbal utk aneka penyakit dan keluhan. fb. Tawangmangu la cape’la.

      Reply
  5. Surya

    Sukses Pesantren Wirausaha-nya Pak Jamil, ini menginspirasi saya untuk membuat hal yang serupa. Mohon doanya ya Pak, insyaAllah lain waktu saya sowan utk benchmark ke Delanggu.

    Reply
  6. robet dwi putra

    subhanallah luar biasa tjuan yg mulia, semoga pesantren nya tetap brjalan dan tetap menghasilkan wirausaha” yg bukan cma mencri keuntungan dunia tapi juga berkat di akhirat. .amin

    Reply
  7. fathu

    Anak Yatim kek,
    Kmrn dia SMK jg dibiayai dri panti yang.
    Untuk persyaratan terus formulir bisa dapat dimana??

    Reply
  8. neni

    subhanallahh, smg berkah selalu pesantrennya ya kek, bertambah banyak lulusannya yg akan menjdi para pengusaha sukses dan mulia dan melanjutkan misinya memutus rantai kemiskinan.amiinn…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>